Indonesia Punya Balon Udara Seperti Cappadocia

Hallo Sobat PESONA? Tempat wisata Cappadocia atau tempat balon udara yang terkenal di negara Turki ini sempat tranding di dunia maya, Cappadocia adalah salah satu dialog dari sebuah serial drama berjudul layangan putus. Cappadocia berada di dataran tinggi yang terjal di utara Pegunungan Taurus. Dikutip dari situs wisata Go Turkiye, geologis Cappodocia yang unik membuat wilayah ini disebut cerobong peri.

Cappadocia terkenal dengan hamparan batuan vulkanik lunak yang terbentuk oleh erosi dari gunung berapi selama jutaan tahun. Batuan itu menjadi beragam bentuk yang unik seperti menara, kerucut, lembah, dan gua. Beberapa batuan terbut bahkan memiliki tinggi hingga 45 m.

Cappadocia melewati beragam masa mulai dari masa Romawi, era Bizantium dan sebagai kota kuno, hingga masuknya peradaban Islam. Alhasil, banyak bangunan bersejarah seperti kastil, gereja, dan masjid di tempat ini.

Ada beberapa banyak lokasi wisata yang bisa didatangi saat berkunjung ke Cappadocia. Mulai dari yang paling terkenal terbang bersama balon udara hingga jalan-jalan bersama kuda. Cappadocia juga mendapat julukan 'the land of beautiful horses' atau tanah kuda yang indah.  

Untuk bisa menikmati wisata balon udara, sebenarnya tidak perlu jauh-jauh pergi di Cappadocia, Turki. Di Indonesia, ada beberapa lokasi wisata yang menyediakan wisata balon udara. Seperti di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sari Ater Subang Jawa Barat, hingga Tanah Gajah di Ubud, Bali.

Yang pertama wisata balon udara di gunung Bromo ini sudah ada sejak 2019. Kamu bisa menikmati wisata balon udara ini di ketinggian 2.329 mdpl, yang akan membawa kamu juga melihat Bukit Teletubis, Gunung Semeru, dan Gunung Batok dari udara. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menawarkan pengalaman berpetualang naik balon udara dengan ketinggian 50 meter di atas permukaan tanah dengan durasi 10 menit.

Yang kedua ada di Jawa Barat juga memiliki wisata balon udara, tepatnya di kawasan wisata Sari Ater Hotels Resort, Subang, Jawa Barat. Petualangan naik balon udara di Jawa Barat ini dilakukan pada ketinggian sampai 30 meter. Bekerja sama dengan Hot Air Balloon Indonesia, kamu bisa menikmati balon udara di pagi hari dengan pemandangan perbukitan hijau dan menikmati udara pegunungan di ketinggian.

Ke Tiga, Kamu bisa mengunjungi Kawasan Resort Tanah Gajah, Ubud, Bali. Resort bintang lima di Bali menawarkan pengalaman wisata balon udara yang menakjubkan. Pihak resort sendiri menyediakan wahana untuk naik balon udara pada pagi atau sore hari. Kamu bisa menikmati pulau Dewata dengan ketinggian 50 meter selama 10 menit dengan menaiki wahan ini. Untuk bisa menikmati wisata ini, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp1,2 juta hingga Rp2,1 juta.

0 Comments
Write a comment