Menghindari Mata Minus Dari Sekarang

Zaman saat ini telah mengalami perkembangan, salah satunya dari teknologi. Namun tahukah anda bahwa perkembangan gadget saat ini memberikan dua dampak yakni dampak positif dan negatif. Disatu sisi dengan perkembangan gadget dapat memperlancar komunikasi dan hiburan, namun disisi lain dengan seringnya penggunaan gadget ditambah den gan dekatnya antara layar mata ke gadget dapat merusak mata, seperti dapat m embuat mata minus. Selain itu juga ada beberapa hal yang dapat menyebabkan r usaknya mata khususnya mata minus, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Pola hidup yang buruk egala sesuatu yang ada di dunia ini pasti mempunyai sebab dan akibatnya. Begitupun dengan mata minus, mengapa mata anda bisa minus? Pasti ada pula penyebabnya. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, mempunyai resiko lebih besar untuk ter kena penyakit mata minus ketimbang orang yang hidup dan tinggal di pedesaan . Sobat inner tahu gak kenapa? 
Karena sebagian besar masyarakat diperkotaan banyak menghabiskan waktu di tempat atau kegiatan dengan j arak pandang yang tidak jauh. Selai itu juga karena beraktivitas didepan layar monitor dengan waktu yan g tidak sebentar. Sehingga ini akan menyeba bkan otot mata yang mengatur fokus mata dan l ama-kelamaan akan terbiasa dengan kondisi seper ti itu. Akibatnya pada saat melihat objek yang j auh, mata tidak berfungsi dengan baik, karena sudah t erbiasa melihat objek dengan jarak yang dekat. 
2. Faktor Genetika (Keturunan) Jika anda mempunyai mata minus, maka cobalah anda lihat apakah ada salah satu anggota keluarga anda yang mempunyai mata minus? Misalnya ayah, ibu dsb. Ji ka memang ada, berarti penyebab mata minus anda adalah karena faktor keturunan.
3. Kurang Istirahat rabun atau minus juga dapat disebabkan oleh kura ngnya istirahat. Sama seperti anda, mata juga membut uhkan istirahat. Jadi jangan terlalu memaksakan mata anda u ntuk bekerja keras. Usahakan jangan duduk didepan layar monitor/kom puter dalam waktu yang terlalu lama dan lakukan tidur yang cukup
4. Pola makan yang kurang baik Pola makan anda yang buruk dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Misalnya karena kekurangan mengkonsumsi sayur an misalnya wortel akhirnya anda kekurangan vitamin A dan akib atnya mata anda mengalami kerusakan.
Cara mengurangi minus mata 1. Lepaskan kacamata jika memungkinkan 2. Lihat ke benda-benda dengan jarak yang berbeda 3. Kedip secara normal, tidak teralu cepat dan lambat 4. Tutup mata Anda, gunakan telapak tangan anda dan berikan sedikit tekanan kepada mata Anda. Ini akan              & nbsp; membantu otot Anda menjadi lemas.5. Melihat benda yang bergerak juga membantu untuk melemaskan otot mata Anda.6. Makan buah wortel dan berbagai macam buah yang berwarna jingga lainnya atau buah buahan yang asam.7 . Usahakan pergi ke pegunungan hijau, persawahan atau laut yang luas.
Latihan Senam Mata Untuk sedikit mengatasi mata yang le lah atau mata stres yang dapat berakibat pada kecacatan mata seperti rabun jauh/ miopi / mata min dan rabun dekat/ hipermetropi/ mata pl us, mata lelah dapat sedikit dibantu dengan melakukan latihan senam mata untuk merangsang otot mata agar dapat be rkontraksi dengan baik.

Latihan senam mata mungkin sa ja dapat mengobati/ menyembuhkan mata minus/ rabun jauh serta mata plus/ rabun dekat yang akan membebaskan anda dari kacamata dan lensa k ontak yang terkadang membosankan dan menyebalkan.

3 Comments
Write a comment