"Mulan" (2020): Dari Film Animasi Yang Dibuat Aslinya

Disutradarai oleh Niki Caro dengan bintang utama Liu Yifei (mantan pacarnya artis Korea Song Seung Hun), film ini mengikuti garis cerita animasi terdahulunya di tahun 1998. Tapi ketimbang terlihat ceria dan banyak lagunya, film ini lebih mirip dengan suasana perang sesungguhnya dari Ballad of Mulan oleh Guo Maoqian.

Film ini mengangkat kisah seorang gadis bernama Hua Mulan yang merupakan anak dari mantan prajurit perang. Ketika kekaisaran Cina diinvasi oleh penjajah wilayah utara, maka diperintahkanlah tiap keluarga mengutus satu putera untuk menjalani pelatihan dan ikut berperang. Ayah Mulan (Hua Zhou) sudah berumur dan berjalan saja terlihat susah. Walau Mulan selalu dinasehati untuk memberikan kehormatan keluarga dengan menikah, kali ini dia memutuskan untuk pergi berperang menyamar sebagai lelaki.  

Pada versi animasi, kisah ini berfokus pada situasi ketika Kekaisaran China tengah diserang oleh Bangsa Hun dari utara. Kaisar kemudian mengharuskan setiap keluarga menurunkan satu pria untuk berlaga di medan perang

Di awal pelatihan, Mulan yang takut identitasnya terbongkar sampai tidak mandi-mandi dan mengambil tugas jaga. Sikap berani dan tekad Mulan yang keras membuat Hong Hui bahkan Commander Tung sampai memperhatikannya. Hong Hui dan Mulan ketika berlatih sempat kelewatan dan memperlihatkan energi Chi (energi berlebih yang biasanya dimiliki lelaki) gadis itu yang besar. Commander Tung sempat memintanya untuk tidak menahan-nahan energinya

Apakah film ini berhasil menyajikan sosok Mulan sesuai karakter sumbernya? nyaris. Jika saja phase cerita dibuat agak cepat, dan sisa waktu digunakan untuk memperbanyak adegan yang menggambarkan ketangkasan Mulan, film ini mampu mebait di benak penonton tentang siapa Mulan sebenarnya.

Dukungan nama besar artis laga dalam film pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggila film silat. Tapi nampaknya sang director belum memaksimalkan mereka, khususnya untuk membuat sisi aksi film ini lebih juara.

Gimana sobat pesona..saksikan hanya dibioskop digital streaming kesayangan kamu..!

0 Comments
Write a comment