Pesona Alam Outdoor di Kandank Jurank Doank

Siapa yang kenal dengan artis Dik Doank, penyanyi dan sekaligus pembawa acara ini merupakan pendiri tempat wisata dan sekaligus belajar. Kandank Jurank Doank (KJD) yang dirintis sejak tahun 1993 oleh artis dan seniman Dik Doank merupakan sekolah alam bagi anak-anak kampung sekitar.  Cita-cita Dik Doank saat itu adalah ia ingin agar anak-anak miskin bisa belajar di sekolah yang sebenarnya , yaitu: ALAM. Karena lewat alam anak-anak mampu mengenal diri dan potensinya, untuk kemudian dikembangkan. Mereka bergaul dengan alam sekitar; pohon melambai, angin mendesau, lumpur sawah. Sekaligus memberikan pemahaman bahwa keindahan alam semata ciptaan Tuhan yang harus terus dijaga dan dilestarikan.
Lokasi yang berada di Komp. Pondok Sawah Indah (Alvita) Blok Q No. 14. Ciputat, Jakarta Selatan ini cukup ramai dikunjungin oleh para pendatang baik tua, muda maupun anak-anak.
Suasana nyaman di Kandank Jurank Doak didukung dengan udara yang sejuk, belum ada polusi, nyaman, sangat “hijau” dan dikelilingi sawah-sawah yang menghampar. Di Kandank Jurank Doank, Dik Doank, sang pendiri mengajarkan kepada anak-anak bagaimana nikmatnya belajar di luar ruangan bersimbah hangatnya cahaya matahari dan bersatu dengan alam.
Selain dapat menikmati pesona alam secara outdoor, sobat pesona juga dapat menikmati berbagai wahana menarik yang terdapat di KJD. Mulai dari sarana olah raga di KJD yang cukup lengkap seperti lapangan bola, lapangan basket, wall climbing, sampai dengan flying fox. Kegiatan ini biasanya ramai ketika akhir pekan, namun tidak menutup hari biasa juga. Karena banyak juga sekolah-sekolah dasar yang mengadakan outbond, belajar dan menggambar di KJD.   Bagi sobat  pesona yang suka menyanyi dapat menikmati fasilitas yang disediakan oleh pihak KJD berupa panggung, studio dan ruang multimedia. Panggungnya sendiri bisa  berfungsi macam-macam. Bisa untuk latihan menari, menyanyi, atau untuk  pentas.  Fasilitas lainya yang tidak kalah serunya adalah kolam ikan, perpustakaan dan  arena bermain.
Selain tempat belajar dan bermain, di KJD juga dapat melatih otak kanan ada Museum Kandank Jurank Doank yang menyimpan s ejarah kehidupan Dik Doank dari masa kanak-kanak sampai saat ini. Kebanyakan isi museum adalah hasil kesenian dari Dik Doank, mulai dari lukisan, foto, sampai dengan barang-barang yang memiliki nilai sejarah p enting untuknya. 

0 Comments
Write a comment